ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA

                                           ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA

Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Peng.Web Science







Dosen Pengampu Nia Yuningsih Skom.,MMSI

 

Disusun Oleh :

Irfan Nur Afrillianza ( 50420595 )

  Gema Kurnia Ramadhan ( 50420512 )

 

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022

 

A.    IDENTITAS JURNAL

1.     Judul jurnal           : Pengaruh Komunikasi Sosial Media Firm Created Content dan User Generated Content, Word of Mouth Terhadap Brand Image dan Brand Attitude Pelanggan Klinik Kehamilan Sehat

2.     Penulis jurnal        : Baiq Yuliana Andriani Putri, Tantri Yanuar, M. Reza Hilmy

3.     Tahun jurnal         : Juli 2021

4.     Jurnal                    : Ilmu Kesehatan

5.     Volume                 : 11

6.     No                         : 3

7.     Hal                        : 631 - 642

8.     ISSN                      : 2549 - 8134

 

 

B.    IDENTITAS JURNAL

1.     Judul jurnal           : Pengaruh Tagline #THINPINK Terhadap Brand Association Bright Gas 5,5 KG Di JABODETABEK

2.     Penulis jurnal        : Cut Tuleut Zubaidah

3.     Tahun jurnal         : Juni 2018

4.     Jurnal                    : Komunikasi dan Bisnis

5.     Volume                 : 17

6.     No                         : 1

7.     Hal                        : 1 - 12

8.     ISSN                      : 2598 - 7402

 

 

 

 

 

 

 

C.    IDENTITAS JURNAL

1.     Judul jurnal           : Analisis Pola Penggunaan Tagar Viral sebagai Media Pendidikan Karakter Netizen (Studi Kritis pada Fenomena Global mengenai Tagar #dajjal di Twitter)

2.     Penulis jurnal        : Purwati, Eldi Mulyana, Nuraly Masum Aprily

3.     Tahun jurnal         : Juli 2021

4.     Jurnal                    :

5.     Volume                 :

6.     No                         :

7.     Hal                        : 226 - 235

8.     ISSN                      : 6655-8953

 

 

 

 


 

 

Jurnal Pertama         : Pengaruh Komunikasi Sosial Media Firm Created Content dan User Generated Content, Word of Mouth Terhadap Brand Image dan Brand Attitude Pelanggan Klinik Kehamilan Sehat

Source                              : https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-komunikasi-sosial-media-firm-created-content-dan-user-generated-content-word-of-mouth-terhadap-brand-image-dan-brand-attitude-pelanggan-klinik-kehamilan-sehat-20955.html

Kesimpulan               :

Persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan klinik harus mampu bersaing dalam memasarkan berbagai jenis pelayanan yang dimilikinya. Aplikasi platform sosial media pada smartphone dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi marketing yang digunakan oleh klinik kehamilan sehat cipondoh.

Firm-created content (FCC) adalah komunikasi di bawah kendali suatu brand apakah itu perwakilan dari brand itu sendiri atau dari pemasar. Firm- created content (FCC) membantu perusahaan untuk membuat, memelihara, dan memperkuat hubungan mereka dengan target konsumen mereka.

User-Generated Content atau UGC adalah semua konten (seperti foto, video, teks, ulasan, dll.) yang dibuat oleh para pengguna untuk posting atau disebarkan di media sosial. Biasanya mereka melakukan hal ini untuk menceritakan pengalaman dan opini mereka menggunakan suatu produk/servis yang mereka sukai.

Word of mouth adalah salah satu dari sekian banyak strategi marketing yang paling terkenal dan legendaris. Sama seperti namanya, word of mouth  adalah suatu upaya pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Brand image adalah gambaran konsumen tentang sebuah produk. Jika dilihat dari sudut pandang pelaku bisnis, mengelola citra merek atau brand image merupakan langkah awal mereka mengenalkan sebuah barang atau jasa pada pelanggan. Kemudian akan berubah menjadi strategi marketing demi bertahan di antara pesaing dan menjaga ketahanan perusahaan.

Brand attitude adalah kesan konsumen terhadap merek tertentu, yang dibentuk oleh emosi dan logika atau keyakinan kognitif.

Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian crosssectional study. Sampel pada penelitian ini sebesar 200 orang yang ditarik dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sudah tervalidas dan reliabilitas menggunakan KOM, dan metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Structur Equation Model (SEM) dengan software lisrel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Firm Created Content, User Generated Content, Word of Mouth berpengaruh positif terhadap brand image dan brand attitude.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurnal Kedua            : Pengaruh Tagline #THINPINK Terhadap Brand Association Bright Gas 5,5 KG Di JABODETABEK

Source                         : https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/479/254

Kesimpulan               :

Kita sebagai konsumen sering mendengar ratusan pesan iklan melalui media setiap harinya. Oleh karena itu perusahaan harus membuat strategi komunikasi pemasaran yang menarik sehingga membedakan produknya dengan kompetitor, salah satunya melalui pemasaran yaitu iklan. Hampir setiap iklan yang di publikasikan mengandung tagline yang mudah diingat membuat konsumen mengasosiasikan tagline dengan mereknya. Brand association sendiri terbentuk ketika semakin banyak pengalaman konsumen dalam mengonsumsi merek atau semakin sering konsumen terpapar oleh merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh tagline #ThinkPink terhadap brand association Brigh Gas 5,5 kg di Jabodetabek.

            Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t (uji signifikansi) dan analisis regresi linier sederhana. Terdapat dua teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu melalui kuesioner dan studi pustaka.

Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya . Dalam penelitian ini, penulis membuat kuesioner online menggunakan Google Form yang berisikan identitas diri dan pernyataan yang berkaitan dengan variabel penelitian. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tagline #ThinkPink dengan indikator relevancy, extremity, dan specificity memiliki pengaruh terhadap indikator brand association Bright Gas 5,5 kg yaitu atribut, sikap, dan manfaat dengan tingkat pengaruh sedang senilai 44,1%.

 

 

Menurut Bruce J.Walker iklan adalah suatu bentuk penyajian yang bukan dengan orang pribadi, dengan pembayaran oleh sponsor tertentu. Tema iklan biasanya di ungkapkan melalui slogan atau tagline. Menurut Altstiel dan Grow, tagline atau bisa disebut dengan slogan merupakan kalimat singkat yang ditempatkan seterlah logo pada sebuah iklan cetak atau pada bagian akhir iklan. Menurut Aaker, brand association adalah segala  sesuatu yang terkait dengan memori terhadap sebuah merk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurnal Ketiga            : Analisis Pola Penggunaan Tagar Viral sebagai Media Pendidikan Karakter Netizen (Studi Kritis pada Fenomena Global mengenai Tagar #dajjal di Twitter)

Source                         : https://www.researchgate.net/publication/353174979_Analisis_Pola_Penggunaan_Tagar_Viral_sebagai_Media_Pendidikan_Karakter_Netizen_Studi_Kritis_pada_Fenomena_Global_mengenai_Tagar_dajjal_di_Twitter

Kesimpulan               :

Pada bulan November 2016, sebuah penelitian mengatakan 97,4% orang Indonesia penguna internet sering memanfaatkan media sosial (Syahputra, 2017). Media ini dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Menurut teori Abraham Maslow, kebutuhan tersebut berupa pemuasan fisiologis, keamanan, kasih sayang dan cinta, harga diri, aktualisasi diri, dan kebutuhan transenden.

Contoh pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan pemanfaatan media sosial yaitu bisnis online untuk memenuhi kebutuhan makan (pemuasan fisiologis), memviralkan video peristiwa saat terkena musibah (keamanan), mengunggah berbagai foto dan video diri sendiri (kebutuhan kasih sayang dan cinta), mengunggah aktivitas positif (harga diri), menunjukkan keahlian melalui video (aktualisasi diri), dan menyebarkan ilmu agama melalui teks atau video (transenden).

Media sosial menjadi jejaring yang banyak dimanfaatkan orang karena mempunyai keunggulan. Kelebihan yang dimiliki media sosial ini meliputi interaktif, sosialpresence, media richness, interactivity, autonomy, playfulness, privacy, personalization (McQuail, 1991).

Tagar berfungsi sebagai penghubung antara tweet dan topik yang sedang dibahas (Ma’arif, 2018). Oleh karena itu, netizen bisa memperoleh informasi dan menyebarkannya secara luas, mudah dan cepat diketahui publik, serta membuat konten yang diunggahnya cepat popular.

 

Tagar #dajjal muncul dan menjadi viral di kalangan netizen Indonesia serta luar negeri setelah penayangan film Messiah di Netflix tanggal 1 Januari 2020 (Saputra, 2020). Film Messiah menimbulkan kegaduhan di dunia maya karena konsepnya menggabungkan unsur Islam, Kristen, dan Yudaisme (Putsanra, 2020). Film ini bercerita tentang seorang laki-laki dari Timur Tengah, yang mengaku sebagai Isa Al-Masih atau Messiah. Dia sakti dan memiliki banyak pengikut. Kehadirannya menimbulkan kontroversi tentang identitas yang sebenarnya, sebagai wujud Tuhan atau penipu.

Tagar #dajjal muncul di akun media sosial Twitter setelah Netflix menayangkan film kontoversial berjudul Messiah. Netizen sampel A, B, C, D, E, F, G, dan H memperoleh informasi penayangan film ini, kemudian meresponnya dengan mengunggah ilmu pengetahuan agama Islam seputar hari kiamat. Respon tersebut menunjukkan bahwa netizennetizen ini memanfaatkan tagar popular sebagai media penyampai informasi berupa pengetahuan nilai ketuhanan. Pengetahuan ini dapat dimaknai sebagai moral knowing yaitu pengetahuan yang berkaitan dengan kesadaran moral, penentuan perspektif, pemikiran moral, penentuan keputusan, pengetahuan pribadi, atau pengetahuan nilai itu sendiri (Lickona, 2015b).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Topik Penugasan      : Arsitektur Web dan Aplikasi Utama

Kesimpulan               : Dari Ketiga Jurnal Terebut Sesuai Dengan Topik Penugasan

Firm-created content (FCC) adalah komunikasi di bawah kendali suatu brand apakah itu perwakilan dari brand itu sendiri atau dari pemasar. Firm- created content (FCC) membantu perusahaan untuk membuat, memelihara, dan memperkuat hubungan mereka dengan target konsumen mereka.

User-Generated Content atau UGC adalah semua konten (seperti foto, video, teks, ulasan, dll.) yang dibuat oleh para pengguna untuk posting atau disebarkan di media sosial. Biasanya mereka melakukan hal ini untuk menceritakan pengalaman dan opini mereka menggunakan suatu produk/servis yang mereka sukai.

Dengan mengetahui bahwa terdapat pengaruh oleh tagline #ThinkPink terhadap brand association Bright Gas 5,5 kg di Jabodetabek, kemudian penulis menghitung besar pengaruh tersebut melalui analisis regresi linier sederhana.

Tagline #ThinkPink mendapatkan nilai persentase tanggapan responden sebesar 77% dan termasuk ke dalam kategori tinggi sesuai dengan garis kontinum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tagline #ThinkPink mendapatkan respon tinggi atau positif dari penduduk wanita berusia 25 – 44 tahun di Jabodetabek karena tagline #ThinkPink memiliki relevansi, ekstrimitas, dan spesifikasi yang tinggi dengan Bright Gas 5,5 kg.

Tagar viral dimanfaatkan netizen untuk berbagi ilmu, beropini, berdoa, gerakan sosial, mediator perdamaian, hiburan dan kepentingan pribadi. Kedua, ada enam pola tagar viral sebagai media pendidikan karakter netizen pengguna Twitter yaitu tagar viral sebagai media berbagi pengetahuan nilai (values knowledge), ekspresi keyakinan nilai (values express), deklarasi pilihan nilai (values declare), klarifikasi nilai (values claricication), aksi nilai (values action), dan media pengontrol nilai (values control).

 


 

LINK BLOG :

·       Gema Kurnia Ramadhan ( 50420512 )

https://kurniagema.blogspot.com/2022/03/sejarah-dan-perkembangan-web-20-dan.html

·       Irfan Nur Afrillianza ( 50420595 )

https://irfananza.blogspot.com/2022/03/sejarah-dan-perkembangan-web-20-dan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma DDA, Bressenham, dan Midpoint Circle

SEO

Android vs IOS