Analisis Web

ANALISIS WEB

Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Peng. Web Science

Dosen Pengampu Nia Yuningsih Skom.,MMSI

 


Disusun Oleh :
Gema Kurnia Ramdhan          50420512

                                                                               

 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022

 

 

 

 

A.    IDENTITAS JURNAL 

1.     Judul jurnal : PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE KEMENTERIAN KOMINFO DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

2.     Penulis jurnal : Iman Sanjaya

3.     Tahun jurnal : Juni 2012

4.     Jurnal : Penelitian IPTEK-KOM

5.     Volume : 14

6.     No : 1

7.     Hal : 1-14

8.     ISSN : -

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi yang saya dapat terkait analisa web pada jurnal tersebut adalah

 

            Dalam rangka memantau dan meningkatkan efisiensi situs web kominfo untuk jangka panjang mereka memakai metode WebQual. WebQual  merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Metode ini merupakan pengembangan dari SERVQUAL yang banyak digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. WebQual sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1998 dan telah mengalami beberapa interaksi dalam penyusunan dimensi dan butir pertanyaannya.

Menurut teori WebQual, terdapat tiga dimensi yang mewakili kualitas suatu website, yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality) dan interaksi layanan (service interaction).






Dari 3 dimensi WebQual 4.0, hanya dimensi kegunaan dan kualitas interaksi yang dinilai berpengaruh kepada kepuasan pengguna, sedangkan dimensi kualitas informasi dinilai tidak berpengaruh tehadap kepuasan pengguna website. Hal ini bisa menjadi catatan bagi pengelola website Kominfo untuk terus meningkatkan kualitas konten dari website apalagi mengingat tugas kominfo sebagai corong informasi resmi dari Pemerintah kepada masyarakat.

Dimensi-dimensi yang ada pada WebQual hanyalah salah satu metode dalam mengukur kualitas suatu website. Dalam konteks penelitian ini, mungkin perlu juga mencoba dimensi lain seperti yang diusulkan oleh Hair (2009) meliputi kegunaan, presentasi, konten, komunikasi, dampak konsumen, dan kepercayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma DDA, Bressenham, dan Midpoint Circle

SEO

Android vs IOS