PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL

 

                                                                PENGANTAR WEB SCIENCE

 

PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL

 

 

 

 


 

 

 

DISUSUN OLEH : 

 

Gema Kurnia Ramadhan (50420512)

 

KELAS 2IA16

 

 

 

 

 

 

 

 

8 JUNI 2022

 

TEKNIK INFORMATIKA 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA




 

PENDAHULUAN

 

    Pada era kemajuan teknologi saat ini, teknologi melaju dengan pesat dalam dunia  industri bisnis. Dimana pelaku bisnis perlu menyesuaikan keadaan yang terus berubah – ubah. Di era ini pula persaingan antar industri semakin ketat, perlu strategi dan taktik yang dibuat untuk memenangi persaingan tersebut. Perusahaan yang menjalankan strategi dan taktik dengan tepat akan dapat menjadi penguasa pangsa pasar disuatu sektor yang dijalankan Wicaksono, (2018). Salah satunya dalam bidang pemasaran, dimana para pemasar perlu memantau setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi pada lingkungannya salah satunya yaitu dengan melakukan strategi promosi. Promosi dilakukan untuk memberikan informasi mengenai produk dan juga untuk menarik calon konsumen untuk menggunakan produk yang kita miliki.

 

    Media massa yang paling sering digunakan yaitu media massa internet. Melalui internet dapat terhubung dengan semua orang di berbagai belahan dunia. Meski demikian internet juga memiliki keterbatasan, salah satunya adalah fasilitas internet hanya dapat diakses dengan menggunakan perangkat modern seperti smartphone, komputer, laptop dan lainnya. Oleh karena itu salah satu alternatif media yang masih aktif dan mudah untuk digunakan adalah Televisi. Televisi merupakan media massa yang mengalami perkembangan paling fenomenal di dunia (Badjuri, 2010). Selain memberikan beberapa fungsi, televisi juga menyediakan iklan di dalamnya. Menurut Widya ( dalam Kotler & Amstrong, 1997) Untuk menghasilkan iklan yang baik selain memperhatikan pesan iklan diperlukan juga rumus iklan yaitu adalah AIDDA. Menurut Diah Ayu Candraningrum dalam jurnalnya mengungkapkan Iklan kreatif berarti iklan yang tidak biasa pada umumnya, berbeda, dan unik dibanding iklan lainnya. Jika sebuah iklan sudah memiliki kualitas pesan dan memiliki isi atau ilustrasi yang kreatif, akan membuat iklan tersebut memiliki daya tarik yang lebih di mata masyarakat (dalam Viviana dan Candraningrum, 2018). Teknologi menjadi latar belakang terbentuknya aplikasi digital modern yang canggih, salah satunya yaitu aplikasi dompet digital. Oleh karena itu, banyak brand atau aplikasi dompet digital lain yang terbentuk salah satunya yaitu Aplikasi Dana. Penulis memilih aplikasi Dana menjadi topik iklan televisi dalam penelitian ini karena memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu berdasarkan peringkat, "DANA sebagai pendatang baru aplikasi e-wallet di Indonesia langsung menunjukkan kegigihannya untuk menjadi pioner aplikasi e-wallet di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  PEMBAHASAN

 

A.    Iklan

 

Iklan dapat ditafsirkan sebagai bentuk promosi berupa barang dan jasa kepada masyarakat melalui media – media iklan dengan tujuan memperkenalkan produk yang dimilikinya. Iklan didefinisikan bentuk penyampaian ide atau pikiran melalui barang atas jasa yang dibayar oleh promotor yang terindentifikasi Fandy Tjiptono, (2016:282). Program periklanan dapat dikatakan tepat apabila ditunjang dengan efektifitas iklan yang baik Sukmana et al., (2018). Tanpa adanya iklan, dapat dipastikan para calon konsumen tidak mengetahui informasi suatu produk. Iklan yang efektif didalamnya terdapat faktor kreativitas iklan yang baik, memiliki kualitas iklan yang baik, dan frekuensi penayangan iklan yang tepat dalam penayangannya Sukmana et al., (2018).

 

Kreativitas dalam penyampaian pesan iklan baik tersirat maupun tersurat pada iklan harus membuat para konsumen dapat memahami dan menafsirkan isi pesan yang terkandung dalam iklan tersebut Khotimah & Febriansyah, (2018). Oleh karena itu para calon konsumen akan memahami jenis produk yang diiklankan. Semakin sering frekuensi iklan muncul dalam suatu media iklan dan semakin luas cangkupannya, maka iklan yang ditayangkan akan membuat para calon konsumen menerima informasi mengenai produk yang iklankan tersebut. Frekuensi penayangan yang sering atau berulang – ulang, didalamnya perlu memperhatikan waktu penayangan iklan yang tepat juga. Hal itu dapat membuat iklan memberikan hasil yang efektif. Maka dari itu iklan perlu dapat membuat para calon konsumen menjadi tertarik dan suka pada iklan yang ditayangkan. Ketika konsumen tidak tertarik terhadap iklan tersebut akan dapat mempengaruhi sikap konsumen akan produk tersebut.

 

B.    Kesadaran Merek

 

Kesadaran merek ialah kesanggupan konsumen mengenali suatu merek dalam kondisi yang berbeda Suciningtyas, (2012). Kesadaran merek meningkatkan pengetahuan konsumen pada produk yang diidentifikasi lewat merek Febriana, (2015) Produk yang memperoleh kesadaran merek yang tinggi akan mudah untuk diingat oleh calon konsumen jika ingin menggunakan suatu jenis produk. Kesadaran merek dapat menggambarkan kemampuan konsumen terhadap suatu merek yang mana merek tersebut adalah bagian dari suatu golongan produk tertentu Tjiptono, Fandy, (2016:134). Menaikan kesadaran merek juga menjadi suatu upaya untuk memperluas merek dari suatu produk Fatimah, (2014). Maka dengan itu kesadaran merek menjadi asset yang berharga dalam suatu produk.

 

Kesadaran merek memiliki tahapan dimulai dari Brand Unaware (tidak mengenal merek) yang mana pada tingkatan ini target market tidak mengenal sama sekali produk yang jual, bahkan konsumen pernah dengar tetapi mereka lupa hingga mereka pernah melihat namun tidak diingat. Lalu Brand Recognition (pengenalan merek) yang mana tingkatan ini target market sudah mulai mengenal brand produk kita yang apabila disebutkan ciri – ciri dari suatu produk mereka sudah dapat mengenali. Selanjutnya Brand Recall (mengingat kembali merek) dimana tingkatan ini lebih tinggi dari tingkatan sebelumnya yang mana konsumen dapat menyebutkan kembali brand dari suatu jenis produk yang mereka kenali. Dan Top of Mind (pikiran teratas) menjadi tingkatan yang paling tertinggi yang apabila target market diminta untuk menyebutkan 1 brand dari jenis produk tertentu yang mereka ingat, maka yang akan terlintas adalah brand yang menjadi nomor 1 dipikirannya Aaker, David A, (1991:61). Semakin tinggi tingkatan kesadaran merek, akan membuat para calon konsumen mengenal produk dan berfikir untuk menggunakan produk. Tingkatan ini dapat terus meningkat seiring dengan pertama kali calon konsumen mendapatkan informasi mengenai suatu produk. Pengetahuan tentang suatu merek dapat memberikan suatu dampak yang positif untuk penilaian suatu produk. Persepsi konsumen akan terpengaruh dengan adanya kesadaran merek. Kesadaran merek juga dapat menggambarkan pengetahuan dari konsumen akan eksistensi dari produk tersebut

 

C.    Dompet Digital

 

Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja.

 

 

KESIMPULAN

 

Iklan berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran merek dari dompet digital DANA. Yang artinya bahwa iklan memberi pengaruh yang positif terhadap kesadaran merek produk. Maka dari itu iklan perlu memiliki kreativitas yang dapat memberi kesan menarik para konsumen atau yang menyaksikan iklan tersebut. Kualitas iklan juga perlu diperhatikan agar para konsumen yang menyaksikan iklan dapat menerima pesan tersirat maupun tersurat pada iklan tersebut dengan baik dan dapat menerima informasi mengenai produk yang dapat menaikkan tingkat kesadaran merek konsumen akan produk. Frekuensi penayangan juga tidak kalah penting. Frekuensi penyangan yang sering dan tayang pada waktu yang tepat akan membuat iklan tersebut menjadi efektif. Penyangan iklan yang tayang pada waktu yang tidak tepat membuat iklan tersebut sedikit yang menyaksikan dan membuat iklan tidak efektif dan terkesan sia – sia. Dalam situasi ini para pemasar dan kreator iklan harus berfikir keras demi manghasilkan iklan yang memiliki kreativitas dan kualitas iklan yang baik. Lalu, Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana dipengaruhi oleh Action (tindakan/kegiatan) yaitu Khalayak aktif menggunakan aplikasi Dana. Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana ditandai keinginan untuk aktif menggunakan aplikasi dana, dikarenakan hal tersebut dapat menguntungkan pengguna untuk melakukan hal tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Link Blog :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.researchgate.net/publication/339741109_Pengaruh_Pesan_Iklan_Televisi_Dana_App-Dompet_Digital_Indonesia_60s_2018_terhadap_Keputusan_Penggunaan_Aplikasi_Dana

 

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/view/12396

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma DDA, Bressenham, dan Midpoint Circle

SEO

Android vs IOS