PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL
PENGANTAR WEB SCIENCE
PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN
MEREK DOMPET DIGITAL
DISUSUN OLEH :
Gema Kurnia Ramadhan
(50420512)
KELAS 2IA16
8 JUNI 2022
TEKNIK
INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
PENDAHULUAN
Pada era kemajuan teknologi saat ini, teknologi melaju
dengan pesat dalam dunia industri
bisnis. Dimana pelaku bisnis perlu menyesuaikan keadaan yang terus berubah –
ubah. Di era ini pula persaingan antar industri semakin ketat, perlu strategi
dan taktik yang dibuat untuk memenangi persaingan tersebut. Perusahaan yang
menjalankan strategi dan taktik dengan tepat akan dapat menjadi penguasa pangsa
pasar disuatu sektor yang dijalankan Wicaksono, (2018). Salah satunya dalam
bidang pemasaran, dimana para pemasar perlu memantau setiap perubahan dan
perkembangan yang terjadi pada lingkungannya salah satunya yaitu dengan
melakukan strategi promosi. Promosi dilakukan untuk memberikan informasi
mengenai produk dan juga untuk menarik calon konsumen untuk menggunakan produk
yang kita miliki.
Media massa yang paling sering digunakan yaitu media
massa internet. Melalui internet dapat terhubung dengan semua orang di berbagai
belahan dunia. Meski demikian internet juga memiliki keterbatasan, salah
satunya adalah fasilitas internet hanya dapat diakses dengan menggunakan
perangkat modern seperti smartphone, komputer, laptop dan lainnya. Oleh karena
itu salah satu alternatif media yang masih aktif dan mudah untuk digunakan
adalah Televisi. Televisi merupakan media massa yang mengalami perkembangan
paling fenomenal di dunia (Badjuri, 2010). Selain memberikan beberapa fungsi,
televisi juga menyediakan iklan di dalamnya. Menurut Widya ( dalam Kotler &
Amstrong, 1997) Untuk menghasilkan iklan yang baik selain memperhatikan pesan
iklan diperlukan juga rumus iklan yaitu adalah AIDDA. Menurut Diah Ayu
Candraningrum dalam jurnalnya mengungkapkan Iklan kreatif berarti iklan yang
tidak biasa pada umumnya, berbeda, dan unik dibanding iklan lainnya. Jika
sebuah iklan sudah memiliki kualitas pesan dan memiliki isi atau ilustrasi yang
kreatif, akan membuat iklan tersebut memiliki daya tarik yang lebih di mata
masyarakat (dalam Viviana dan Candraningrum, 2018). Teknologi menjadi latar
belakang terbentuknya aplikasi digital modern yang canggih, salah satunya yaitu
aplikasi dompet digital. Oleh karena itu, banyak brand atau aplikasi dompet
digital lain yang terbentuk salah satunya yaitu Aplikasi Dana. Penulis memilih
aplikasi Dana menjadi topik iklan televisi dalam penelitian ini karena memiliki
beberapa kelebihan, salah satunya yaitu berdasarkan peringkat, "DANA
sebagai pendatang baru aplikasi e-wallet di Indonesia langsung menunjukkan
kegigihannya untuk menjadi pioner aplikasi e-wallet di Indonesia.
PEMBAHASAN
A. Iklan
Iklan dapat ditafsirkan sebagai bentuk promosi berupa
barang dan jasa kepada masyarakat melalui media – media iklan dengan tujuan
memperkenalkan produk yang dimilikinya. Iklan didefinisikan bentuk penyampaian
ide atau pikiran melalui barang atas jasa yang dibayar oleh promotor yang
terindentifikasi Fandy Tjiptono, (2016:282). Program periklanan dapat dikatakan
tepat apabila ditunjang dengan efektifitas iklan yang baik Sukmana et al.,
(2018). Tanpa adanya iklan, dapat dipastikan para calon konsumen tidak
mengetahui informasi suatu produk. Iklan yang efektif didalamnya terdapat
faktor kreativitas iklan yang baik, memiliki kualitas iklan yang baik, dan
frekuensi penayangan iklan yang tepat dalam penayangannya Sukmana et al.,
(2018).
Kreativitas dalam penyampaian pesan iklan baik
tersirat maupun tersurat pada iklan harus membuat para konsumen dapat memahami
dan menafsirkan isi pesan yang terkandung dalam iklan tersebut Khotimah &
Febriansyah, (2018). Oleh karena itu para calon konsumen akan memahami jenis
produk yang diiklankan. Semakin sering frekuensi iklan muncul dalam suatu media
iklan dan semakin luas cangkupannya, maka iklan yang ditayangkan akan membuat
para calon konsumen menerima informasi mengenai produk yang iklankan tersebut.
Frekuensi penayangan yang sering atau berulang – ulang, didalamnya perlu
memperhatikan waktu penayangan iklan yang tepat juga. Hal itu dapat membuat
iklan memberikan hasil yang efektif. Maka dari itu iklan perlu dapat membuat
para calon konsumen menjadi tertarik dan suka pada iklan yang ditayangkan.
Ketika konsumen tidak tertarik terhadap iklan tersebut akan dapat mempengaruhi
sikap konsumen akan produk tersebut.
B. Kesadaran Merek
Kesadaran merek ialah kesanggupan konsumen mengenali
suatu merek dalam kondisi yang berbeda Suciningtyas, (2012). Kesadaran merek
meningkatkan pengetahuan konsumen pada produk yang diidentifikasi lewat merek
Febriana, (2015) Produk yang memperoleh kesadaran merek yang tinggi akan mudah
untuk diingat oleh calon konsumen jika ingin menggunakan suatu jenis produk.
Kesadaran merek dapat menggambarkan kemampuan konsumen terhadap suatu merek
yang mana merek tersebut adalah bagian dari suatu golongan produk tertentu
Tjiptono, Fandy, (2016:134). Menaikan kesadaran merek juga menjadi suatu upaya
untuk memperluas merek dari suatu produk Fatimah, (2014). Maka dengan itu
kesadaran merek menjadi asset yang berharga dalam suatu produk.
Kesadaran merek memiliki tahapan dimulai dari Brand
Unaware (tidak mengenal merek) yang mana pada tingkatan ini target market tidak
mengenal sama sekali produk yang jual, bahkan konsumen pernah dengar tetapi
mereka lupa hingga mereka pernah melihat namun tidak diingat. Lalu Brand
Recognition (pengenalan merek) yang mana tingkatan ini target market sudah
mulai mengenal brand produk kita yang apabila disebutkan ciri – ciri dari suatu
produk mereka sudah dapat mengenali. Selanjutnya Brand Recall (mengingat
kembali merek) dimana tingkatan ini lebih tinggi dari tingkatan sebelumnya yang
mana konsumen dapat menyebutkan kembali brand dari suatu jenis produk yang
mereka kenali. Dan Top of Mind (pikiran teratas) menjadi tingkatan yang paling
tertinggi yang apabila target market diminta untuk menyebutkan 1 brand dari
jenis produk tertentu yang mereka ingat, maka yang akan terlintas adalah brand
yang menjadi nomor 1 dipikirannya Aaker, David A, (1991:61). Semakin tinggi
tingkatan kesadaran merek, akan membuat para calon konsumen mengenal produk dan
berfikir untuk menggunakan produk. Tingkatan ini dapat terus meningkat seiring
dengan pertama kali calon konsumen mendapatkan informasi mengenai suatu produk.
Pengetahuan tentang suatu merek dapat memberikan suatu dampak yang positif
untuk penilaian suatu produk. Persepsi konsumen akan terpengaruh dengan adanya
kesadaran merek. Kesadaran merek juga dapat menggambarkan pengetahuan dari
konsumen akan eksistensi dari produk tersebut
C. Dompet
Digital
Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan
untuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai,
pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Selain menawarkan kemudahan, dompet
digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa
diakses oleh pengguna saja.
KESIMPULAN
Iklan
berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran merek dari dompet digital
DANA. Yang artinya bahwa iklan memberi pengaruh yang positif terhadap kesadaran
merek produk. Maka dari itu iklan perlu memiliki kreativitas yang dapat memberi
kesan menarik para konsumen atau yang menyaksikan iklan tersebut. Kualitas
iklan juga perlu diperhatikan agar para konsumen yang menyaksikan iklan dapat
menerima pesan tersirat maupun tersurat pada iklan tersebut dengan baik dan
dapat menerima informasi mengenai produk yang dapat menaikkan tingkat kesadaran
merek konsumen akan produk. Frekuensi penayangan juga tidak kalah penting.
Frekuensi penyangan yang sering dan tayang pada waktu yang tepat akan membuat
iklan tersebut menjadi efektif. Penyangan iklan yang tayang pada waktu yang
tidak tepat membuat iklan tersebut sedikit yang menyaksikan dan membuat iklan
tidak efektif dan terkesan sia – sia. Dalam situasi ini para pemasar dan
kreator iklan harus berfikir keras demi manghasilkan iklan yang memiliki
kreativitas dan kualitas iklan yang baik. Lalu, Keputusan Penggunaan Aplikasi
Dana dipengaruhi oleh Action (tindakan/kegiatan) yaitu Khalayak aktif
menggunakan aplikasi Dana. Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana ditandai
keinginan untuk aktif menggunakan aplikasi dana, dikarenakan hal tersebut dapat
menguntungkan pengguna untuk melakukan hal tersebut.
Link Blog :
DAFTAR
PUSTAKA
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/view/12396
Komentar
Posting Komentar